Dalam dunia musik yang terus berkembang, eksplorasi dan inovasi menjadi kunci kesuksesan para seniman. Salah satu contoh nyata adalah Ragilkun, yang mengukir prestasi gemilang dengan merilis single “Gadis Melayu” dalam versi remix. Kreativitas dan semangat kolaborasi dengan para musisi berbakat membawa lagu ini mencapai puncak popularitas di era digital.

Versi remix dari lagu “Gadis Melayu” telah menjadi sensasi di berbagai platform musik. Menariknya, lagu ini berhasil menarik perhatian lebih dari 8.000 pendengar di Spotify dalam waktu singkat. Keberhasilan ini tidak hanya berhenti di situ, karena lagu tersebut bahkan berhasil masuk dalam playlist Spotify dalam kategori “viral TikTok”.

Keunikan lagu remix “Gadis Melayu” terletak pada sentuhan harmonis antara nuansa remix dan akar budaya Melayu yang kental. Kehadirannya sebagai backsound favorit di TikTok mengundang lebih dari 1.000 pengguna untuk menggunakan lagu ini dalam video-videonya hanya dalam waktu satu bulan sejak perilisan.

Ragilkun, sang maestro di balik lagu ini, berbagi kebahagiaannya, “Saya bersyukur ada versi remix dari lagu gadis Melayu yang saya ciptakan bersama teman saya, Citra JP. Kami sangat puas dengan pencapaian sejauh ini. Aransemen asli lagu gadis Melayu oleh Maman Kurniawan juga memiliki tempat istimewa dalam hati kami.”

Kolaborasi yang luar biasa juga terwujud ketika aji Surya, musisi favorit Ragilkun dari Banten, merilis versi remix lagu ini. Ragilkun dengan antusias mengatakan, “Saat saya tahu lagu ini akan dibuatkan versi remix oleh aji Surya, saya sangat antusias. Semua usaha ini menghasilkan dampak yang luar biasa, karena lagu kami mampu memikat hati para pecinta musik remix, terutama di platform Spotify dan TikTok.”

Prestasi “Gadis Melayu” tak hanya terbatas pada kesuksesan domestik. Lagu ini juga mendapat sambutan hangat di berbagai belahan dunia, terutama di Negeri Jiran Malaysia. Bukan hanya sekadar backsound, lagu ini menjadi pengantar yang mengiringi kreativitas para kreator TikTok Malaysia. Hal ini sangat mengejutkan Ragilkun, “Saya sangat terkejut mengetahui bahwa pengguna lagu gadis Melayu dari Negeri Jiran Malaysia lebih banyak daripada dari negeri kami sendiri, Indonesia. Ini adalah bukti bahwa musik mampu menjembatani perbedaan dan mendapatkan apresiasi yang universal.”

Di tengah pencapaian yang gemilang, Ragilkun tidak berhenti berinovasi. Ia berencana untuk merilis karya-karya baru di masa depan. “Setelah lagu ‘Gadis Melayu’, Saya sempat merilis lagu ‘Duka Pujangga’, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan ada lagu terbaru lagi yang akan diproduksi. Mohon doanya saja untuk kelanjutan perjalanan musik kami.”

Kategori lagu Melayu, terutama yang berasal dari label independen Ragilkun, telah mendapatkan respon positif dari para penikmat musik Melayu. Prestasinya dalam menciptakan sukses dari lagu “Gadis Melayu” hingga versi remixnya adalah bukti nyata bahwa musik adalah bahasa universal yang mengikat dan menyatukan orang dari berbagai budaya dan latar belakang.