Suratkami.com Kota Batu, 25 Agustus 2023 – Sebuah peristiwa penting dalam dunia kesehatan terjadi di Kota Batu, Malang, saat ini. Rombongan dari Institut Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kota Bandar Lampung telah tiba untuk melaksanakan studi tiru mengenai inisiatif sukses yang dilakukan oleh IPeKB di Kota Batu.

Kedatangan rombongan ini telah diawali dengan sambutan yang hangat dan penuh antusiasme di kantor Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Bapak Imam Wahyudi, S.Pd selaku kepala desa, dengan penuh keramahan menyambut rombongan dari IPeKB Kota Bandar Lampung. Beliau mengutarakan harapannya bahwa kunjungan ini akan memperkuat kerjasama antara kedua kota dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua IPeKB Kota Batu, Bapak Indra Purnama, S.Sos, dengan penuh semangat, memaparkan berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh timnya dalam mengatasi masalah stunting di lingkungan kerjanya. Ia berbagi informasi tentang strategi-strategi inovatif yang telah diterapkan untuk mengurangi angka stunting, termasuk pendekatan edukasi gizi yang melibatkan ibu-ibu dalam peran sentral.

Salah satu momen penting dalam kunjungan ini adalah ketika rombongan diajak untuk melihat secara langsung kegiatan ibu-ibu yang sedang mengikuti kelas “Dapur Sehat Atasi Stunting”. Dalam kelas tersebut, para ibu diajarkan tentang pentingnya pemahaman akan gizi yang tepat serta cara memasak makanan bergizi untuk keluarga. Langkah ini diharapkan dapat membantu mencegah stunting, masalah serius yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bapak Indra Purnama menjelaskan bahwa kerja keras dan komitmen dari tim IPeKB Kota Batu telah membawa perubahan positif dalam masyarakat. “Kami sangat bangga melihat perubahan yang terjadi. Angka stunting mengalami penurunan yang signifikan, dan ini adalah bukti bahwa pendekatan kami berhasil,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Ketua rombongan dari IPeKB Kota Bandar Lampung juga mengungkapkan rasa kagumnya terhadap upaya yang dilakukan oleh Kota Batu. Ia berharap kunjungan ini akan memberikan wawasan berharga yang dapat diaplikasikan di kota asalnya guna meningkatkan kualitas hidup warganya.

Seiring berjalannya kunjungan ini, kedua tim berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengatasi stunting. Ini menjadi momen penting dalam membangun jaringan kerjasama lintas kota untuk mencapai tujuan bersama dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Kunjungan IPeKB Kota Bandar Lampung ke Kota Batu ini diharapkan dapat menjadi awal dari kolaborasi yang lebih erat antara kedua kota dalam upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan generasi muda serta membangun masyarakat yang tangguh dan berkualitas.