Suratkami.com Labuhan Ratu, 28 September 2023 – Rumah Baca Akar Pelangi di Labuhan Ratu terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermakna bagi anak-anak sekitar. Salah satu inisiatif terbaru mereka adalah kegiatan belajar komputer dasar gratis yang diadakan setiap malam, mulai pukul 18.30 hingga 20.00.

Kegiatan ini telah berlangsung cukup lama dan saat ini berada pada gelombang ketiga. Menariknya, peserta terbanyak adalah anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang bersemangat untuk mempelajari dunia komputer. Namun, karena keterbatasan alat komputer yang tersedia, hanya empat anak yang dapat belajar setiap malamnya.

Sejak dimulai kurang lebih 15 hari yang lalu, kegiatan ini telah diikuti oleh 17 anak dari sekitar Rumah Baca Akar Pelangi dan Desa Labuhan Ratu 9. Mereka memiliki kesempatan langka untuk memahami dasar-dasar penggunaan komputer, yang diharapkan akan membuka pintu bagi pengetahuan teknologi yang lebih lanjut.

Menurut salah satu pengurus Rumah Baca Akar Pelangi, tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan anak-anak kesempatan untuk mengenal komputer, memanfaatkan teknologi dengan baik, dan bahkan dapat bersiap-siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk kelas 5 SD. Ini adalah langkah positif dalam mempersiapkan generasi muda untuk tantangan teknologi di masa depan.

Namun, keberhasilan kegiatan ini masih terbatas oleh keterbatasan alat komputer yang tersedia. Hingga saat ini, hanya empat anak yang dapat belajar setiap malam, sementara sejumlah besar anak lainnya juga berharap dapat bergabung. Oleh karena itu, Rumah Baca Akar Pelangi berharap ada individu atau organisasi yang berbaik hati untuk berbagi atau menyumbangkan komputer tambahan guna mendukung kegiatan pendidikan ini.

Kegiatan belajar komputer dasar gratis di Rumah Baca Akar Pelangi adalah contoh nyata bagaimana komunitas lokal dapat bersatu untuk memberikan pendidikan yang bermanfaat bagi anak-anak, terutama dalam era digital yang semakin berkembang. Semoga inisiatif ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda Labuhan Ratu.