Dengan semakin berkembangnya teknologi dan layanan transportasi, perjalanan dengan kereta api masih menjadi pilihan yang menarik untuk mengisi waktu liburan.

Salah satu pengalaman menarik yang dapat dinikmati adalah naik Kereta Api Rajabasa dengan rute Tanjung Karang – Martapura.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman perjalanan pulang pergi dari stasiun Tanjung Karang ke stasiun Martapura, termasuk tips dan trik yang berguna bagi mereka yang ingin menjelajahi rute ini.

Perjalanan yang Menyenangkan untuk Keluarga Kecil

Bagi keluarga kecilku, perjalanan dengan kereta api mungkin merupakan pengalaman baru yang menarik. Pengalaman pertama bersama buah hati di atas rel kereta akan menjadi kenangan berharga yang tak terlupakan.

Perjalanan pulang pergi ini dimulai pada tanggal 23 Agustus 2023 untuk perjalanan pertama dan tanggal 28 Agustus 2023 untuk perjalanan kedua, masing-masing dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Rute dan Waktu Keberangkatan

Perjalanan pertama dimulai dengan rute dari Tanjung Karang menuju stasiun Martapura, berangkat pada pukul 08.30 pagi dan tiba pada pukul 12.51 siang.

Sementara perjalanan kedua menempuh rute sebaliknya, yaitu dari stasiun Martapura menuju stasiun Tanjung Karang. Pemberangkatan dilakukan pukul 12.51 siang, dan tiba di Tanjung Karang pada pukul 18.30 sore.

Tips untuk Memastikan Kesenangan Perjalanan

Dalam pengalamanku, pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access merupakan langkah bijak untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan.

Khususnya jika memiliki preferensi kursi tertentu, disarankan untuk memesan tiket minimal sebulan sebelum keberangkatan. Ini akan membantu kita mendapatkan kursi yang bersampingan dan menghindari pemisahan gerbong.

Fasilitas dan Pelayanan yang Tersedia

Perjalanan dengan kereta api Rajabasa menawarkan berbagai fasilitas yang akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Selain akses ke kamar kecil di setiap gerbong, pelayanan makanan dan minuman juga tersedia, meskipun tidak termasuk dalam tiket.

Jika ingin menikmati makanan di atas kereta, kita dapat membelinya secara terpisah. Selain itu, layanan kebersihan juga disediakan menjelang akhir perjalanan.

Kemudahan dalam Pembelian Tiket

Pembelian tiket secara online melalui aplikasi KAI Access membawa kenyamanan tersendiri. Bagi penumpang yang berangkat dari stasiun Tanjung Karang dan menggunakan layanan ini, kita dapat memanfaatkan fitur scan barcode yang memungkinkan kita untuk menunjukkan tiket langsung dari dalam aplikasi kepada petugas kereta tanpa perlu mencetak tiket fisik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bagi mereka yang berangkat dari stasiun Martapura, prosedur sedikit berbeda.

Meskipun tiket telah dipesan melalui aplikasi KAI Access, kita tetap perlu mencetak tiket di mesin yang disediakan dan menyerahkannya kepada petugas untuk mendapatkan stempel.

Tiket yang sudah dilegakan ini kemudian dapat kita bawa sebagai bukti kepemilikan tiket.

Kesimpulan

Perjalanan dengan Kereta Api Rajabasa antara Tanjung Karang dan Martapura adalah pengalaman yang patut dicoba, terutama bagi mereka yang ingin menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan bersama keluarga.

Dengan fasilitas yang tersedia, pemesanan tiket yang mudah, serta layanan yang ramah, perjalanan dengan kereta api menjadi alternatif menarik untuk menjelajahi Indonesia.

Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dengan baik, memesan tiket sebelumnya, dan menikmati momen-momen berharga di atas rel kereta.